Sabtu, 21 Mei 2011

Rasionil Bimbingan Dan Konseling Berdasarkan Tinjauan Konstitusional Dan Konseptual

A.Landasankonstitusional
Pemerintahmelalui UU no 20 th 2003 tentangpendidikannasionalmenegaskanpentingnyabimbingankonseling yang tersiratdalammaknapendidikandalampasal 1 ayat (1) yang berbunyi “Pendidikanadalahusahasadardanterencanauntukmewujudkansuasanabelajardan proses pembelajaran agar pesertadidiksecaraaktifmengembangkanpotensidirinyauntukmemilikikekuatan spiritual keagamaan, pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, akhlakmuliasertaketrampilan yang diperlukandirinya, masyarakat, bangsadannegara”. Selainitu, DepartemenPendidiikanjugamengeluarkanpetunjukpelaksanaanbimbingankonseling di sekolah (1994).
B. LandasanKonseptual
1. LandasanFilosofis
Landasanfilosofismerupakanlandasan yang dapatmemberikanarahandanpemahamankhususnyabagikonsrlordalammelaksanakansetiapkegiatanbimbingandankonseling yang lebihbisadipertanggungjawabkansecaralogis, etis, maupunestetis. Dari berbagaialiranfilsafat yang ada, parapenulis Barat, (Viktor Frankl, Patterson, Alblaster&Lukes, Thompson & Rudolph, dalamPrayitno, 2003)telahmendiskripsikantentanghakikatmanusiasebagaiberikut :
• Manusiaadalahmakhlukrasional yang mampuberfikirdanmempergunakanilmuuntukmeningkatkanperkembangandirinya.
• Manusiadapatbelajarmengatasimasalah-masalah yang dihadapinyaapabiladiaberusahamemanfaatkankemampuan-kemampuan yang adapadadirinya.
• Manusiaberusahaterus-menerusmemperkembangkandanmenjadikandirinyasendirikhususnyamelaluipendidikan.
• Manusiadilahirkandenganpotensiuntukmenjadibaikdanburukdanhidupberartiupayauntukmewujudkankebaikandanmenghindarkanatausetidak-tidaknyamengontrolkeburukan.
• Manusiamemilikidimensifisik, psikologisdan spiritual yang harusdikajisecaramendalam.
• Manusiaakanmenjalanitugas-tugaskehidupannyadankebahagiaanmanusiaterwujudmelaluipemenuhantugas-tugaskehidupannyasendiri.
• Manusiaadalahunikdalamartimanusiaitumengarahkankehidupannyasendiri.
• Manusiaadalahbebasmerdekadalamberbagaiketerbatasannyauntukmembuatpilihan-pilihan yang menyangkutperikehidupannyasendiri. Kebebasaninimemungkinkanmanusiaberubahdanmenentukansiapasebenarnyadirimanusiaituadanakanmenjadiapamanusiaitu.
• Manusiapadahakikatnyapositif, yang padasetiapsaatdandalamsuasanaapapun, manusiaberadadalamkeadaanterbaikuntukmenjadisadardanberkemampuanuntukmelakukansesuatu.
Denganmemahamihakikatmanusiatersebutmakasetiapupayabimbingandankonselingdiharapkantidakmenyimpangdarihakikattentangmanusiaitusendiri.Seorangkonselordalamberinteraksidengankliennyaharusmampumelihatdanmemperlakukankliennyasebagaisosokutuhmanusiadenganberbagaidimensinya
2. LandasanPsikologis
LandasanPsikologismerupakanlandasan yang diberikanpemahamanbagikonselortentangperilakuindividu yang menjadisasaranlayanan (klien).Untukkepentinganbimbingandankonseling, beberapakajianpsikologi yang perludikuasaiadalah :
a. Motif danMotivasi
Motif danmotivasiberkenaandengandorongan yang menggerakkanseseorangberperilakubaik motif primer yaitu motif yang didasariolehkebutuhanasli yang dimilikiolehindividusemenjakdialahir, seperti : rasa lapar, bernafasdansejenisnyamaupun motif sekunder yang terbentukdarihasilbelajar, sepertirekreasi, memperolehpengetahuanatauketerampilantertentudansejenisnya.
b. PembawaandanLingkungan
Pembawaandanlingkunganberkenaandenganfaktor-faktor yang membentukdanmempengaruhiperilakuindividu.Pembawaanyaitusegalasesuatu yang dibawasejaklahirdanmerupakanhasildariketurunan, yang mencakupaspekpsiko-fisik, sepertistrukturotot, warnakulit, golongandarah, bakat, kecerdasan, atauciri-ciri-kepribadiantertentu.Pembawaanpadadasarnyabersifatpotensial yang perludikembangkandanuntukmengoptimalkandanmewujudkannyabergantungpadalingkungandimanaindividuituberada.Pembawaandanlingkungansetiapindividuakanberbeda-beda.

0 komentar:

Posting Komentar