Minggu, 24 Juli 2011

Tugas Meridta Rumil

SUSU FORMULA UNTUK BALITA YANG MENGANDUNG BAKTERI

Melihat fenomena yang terjadi akhir-akhir ini yaitu maraknya susu formula untuk balita yang mengandung bakteri. Hal ini tentunya meresahkan masyarakan khususnya bagi ibu - ibu yang mempunyai balita, karena salah satu yang harus diperhatikan pada perkembangan dan pertumbuhan anak adalah kebutuhan gizinya, terutama bagi balita. Hal ini tentu sebuah berita buruk yang mengejutkan kita, bagaimana mungkin susu formula dan makanan bayi yang telah melalui uji baik dari pabrik maupun uji secara berkala dari Depkes dapat tercemar oleh Bakteri. Seperti diketahui,usia balita adalah usia yang penting dalam tumbuh kembang anak. Sehingga, kebutuhan gizi balita harus benar-benar diperhatikan.
Susu Formula Bayi adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi.Susu formula berfungsi sebagai pengganti ASI. Susu formula memiliki peranan yang penting dalam makanan bayi karena seringkali digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi bagi bayi. Oleh karena itu komposisi susu formula yang diperdagangkan dikontrol dengan hati-hati. Berhembusnya isu tentang adanya susu formula bagi anak yang mengandung bakteri, seperti pemberitaan di media belakangan ini, telah membuat resah masyarakat. Mereka merasa was-was dengan susu formula yang diberikan sebagai nutrisi kepada anaknya, karena hingga saat ini, janji pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk merilis secara resmi nama-nama susu yang mengandung bakteri itu belum dilakukan.
Manfaat Pemberian Susu Formula bagi bayi yaitu kepuasan yang lebih lama bagi bayi karna formula susu sapi yang di buat dari susu sapi lebih sulit dicerna dari pada ASI, dan endapan besar sehingga meningalkan rasa kenyang pada bayi yang lebih lama. Susu Formula Bayi adalah susu yang jumlah kalori, vitamin dan mineral harus sesuai, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencapai tumbuh kembang yang optimal. Penggunaan merek susu formula yang sesuai usia anak selama tidak menimbulkan gangguan fungsi tubuh adalah susu yang terbaik untuk anak bila gangguan saluran cerna anak baik dan tidak terganggu.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang ibu dalam memberikan susu formula kepada balitanya. Salah satunya yaitu ibu harus memperhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan susu, Pastikan kemasan susu dalam kodisi baik, tidak penyok dan tidak berkarat. kemudian juga cara mengolahnya, Cara mengolah yang baik bisa memperkecil risiko terinfeksi bakteri tersebut. Untuk pemerintah, hendaknya memberitahu produk susu formula yang tercemar bakteri, sehingga masyarakat dapat memilih susu formula yang terbaik untuk balitanya.
“Salah satu kebahagiaan seorang ibu adalah ketika melihat anaknya dapat tersenyum dan tumbuh dengan sehat”.

0 komentar:

Posting Komentar