Selasa, 28 April 2015

Liputan Acara Seminar Nasional Hari Bumi 2015 Pendidikan Geografi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia



Pada tanggal 22 April 2015 telah diadakan seminar nasional hari bumi dengan tema “Peringatan Hari Bumi untuk Meningkatkan Kecerdasan Ruang” yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Acara yang bertepatan dengan hari bumi tersebut dilaksanakan di Gedung Achmad Sanusi (Balai Pertemuan Umum) Universitas Pendidikan Indonesia. 

Acara seminar nasional ini menghadirkan keynote speaker yaitu Dr. Priyadi Kardono, M.Sc (Kepala Badan Informasi Geospasial) dengan pemateri Prof. Dr. Hartono DEA DESS (Ketua Ikatan Geograf Indonesia) dan Prof. Dr. Hj. Enok Maryani, M.S (Guru Besar Geografi UPI). Dalam seminar hari bumi yang dihadiri oleh 300 peserta baik dari mahasiswa, guru dan dosen serta birokrat ini diharapkan dapat menyadarkan bahwa pentingnya kontribusi geografi dalam menjaga kelestarian bumi dan meningkatkan kecerdasan ruang.

Acara seminar nasional hari bumi ini dilaksanakan dua rangkaian. Rangkaian pertama diisi dengan presentasi oleh keynote speaker dan pemaparan materi oleh dua narasumber. Rangkaian kedua yaitu penyajian makalah oleh beberapa pemakalah yang dibagi kedalam tiga sub tema. Tema yang pertama adalah peran pendidikan geografi dalam meningkatkan kecerdasan ruang, tema kedua yaitu selamatkan bumi melalui zero waste, dan tema yang terakhir adalah ecoliteracy untuk mewujudkan green behavior.


Sekitar pukul 08.30 WIB acara dibuka langsung oleh Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed dengan pemukulan gong sebagai tanda pembukaan acara. Dr. Priyadi Kardono, M.Sc sebagai keynote speaker berbicara tentang peran informasi geospasial dalam rangka meningkatkan kecerdasan ruang. Dalam orasi ilmiahnya beliau menyampaikan pentingnya informasi geospasial yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan (mengacu kepada IGD sebagai referensi tunggal) sebagai data dan informasi pengambilan keputusan. Informasi Geospasial dibutuhkan seluruh Kementerian/Lembaga dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dalam seluruh aspek pembangunan nasional, dengan kata lain informasi geospasial sebagai media perencanaan indonesia masa depan.

Pemateri pertama pada acara seminar nasional hari bumi 2015 yaitu prof. Dr. Hartono DEA DESS menyampaikan Pendidikan Geografi dalam kecerdasan spasial guna mendukung kelestarian NKRI. Wilayah NKRI merupakan obyek geografi yg jelas bagi pembangunan di Indonesia. (unsur pembentuk negara, ketahanan pangan, energi, dan wilayah, keberadaan SDA, manusia dan buatan, mendukung perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi pembangunan nasional).
Ketua umum IGI tersebut menegaskan bahwa teknologi informasi geografi, data geospasial makin nyata dalam teknik dan aplikasinya guna mendukung pembangunan nasional serta kajian bencana alam, pemulihan kerusakan lingkungan melalui SIG dan sistem pendukung lainnya. Pernyataan tersebut dikuatkan dengan  presentasi pemateri kedua yaitu Prof. Dr. Hj. Enok Maryani, M.S yang memaparkan tentang kecerdasan ruang dan kaitannya dengan mata pelajaran geografi di sekolah.  

Di acara ini juga dibagikan beberapa hadiah doorprize bagi peserta yang beruntung. Doorprize dibagikan untuk para peserta yang bertanya, 4 peserta registrasi pertama, 2 peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari MC, dan 17 peserta yang beruntung duduk di kursi dengan tanda tertentu.

Rangkaian kedua yaitu pemaparan makalah yang dibagi dengan tiga sub tema. Pemakalah dibagi kedalam tiga ruangan yang ada di gedung pascasarjana UPI sesuai dengan sub tema masing-masing. Acara ini ditutup pukul 17.00 WIB setelah rangkaian kedua usai dengan pembagian sertifikat kepada peserta.

Menurut salah satu peserta, acara seminar semacam ini sangat bermanfaat khususnya pengenalan Badan Informasi Geospasial dan aplikasi ina-geoportal yang dapat dipergunakan sebagai sarana mengajar di sekolah. Ketua panitia seminar nasional, M Hafizul Furqan, merasa bangga dengan acara seminar ini. “Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara seminar nasional ini sehingga dapat terselenggara sesuai dengan harapan” ungkapnya.

Bayu Wijayanto S.Pd

Pend Geografi, SPs, UPI

0 komentar:

Posting Komentar